Hari Kebangkitan Nasional, Wujudkan PASER MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) Menuju Indonesia EMAS

Hari Kebangkitan Nasional,  Wujudkan PASER MAS (Maju, Adil dan Sejahtera) Menuju Indonesia EMAS
Oleh : Dr. Kasrani Latief, M.Pd Sekretaris DPMD Kabupaten Paser

Hari ini Senin 20 Mei 2024 diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang dimulai tanggal 20 Mei 1908 sebagai tonggak bangkitnya nasionalisme Indonesia untuk melawan penjajahan di Hindia Belanda pada masa itu.  Dalam perkembangannya ada 5 (lima) tahapan nasionalisme di Indonesia yakni masa perintis (sebelum tahun 1908), masa penegas (tahun 1928), masa pencoba (tahun 1938), masa pendobrak (1945) dan masa pelaksana (1945 sampai dengan sekarang).

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024, sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai bangsa yang tangguh. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 memiliki tema “Bangkit Untuk Indonesia EMAS”.

Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) merupakan salah satu hari penting dalam sejarah Indonesia. Harkitnas yang diperingati setiap tanggal 20 Mei ini menjadi pengingat akan tumbuhnya semangat bangsa Indonesia. Pada tanggal 20 Mei tahun 1908, organisasi pemuda yang bernama Budi Oetomo lahir dan menjadi titik awal dari semakin bangkitnya rasa nasionalisme dan cinta akan Indonesia pada para pemuda Indonesia.  Organisasi ini berdiri oleh kerja keras Dr Sutomo  dan Dr. Wahidin Soedirohoesodo, juga partisipasi pelajar STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen).

Kebangkitan Nasional adalah bagaimana menerapkan dalam mengisi kemerdekaan dengan pembangunan disegala bidang termasuk pembangunan kesejahteraan sosial, pendidikan, ekonomi, politik dan bidang lainnya. Kebangkitan Nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo doeloe untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan.

Dengan demikian maka sejak 116 tahun lalu perhimpunan  Boedi Oetomo meletakkan dasar-dasar kebangkitan nasional bagi bangsa Indonesia. Tiga hal penting yang diretas Boedi Oetomo adalah pertama, cita-cita untuk memerdekakan cita-cita kemanusiaan; kedua, memajukan nusa dan bangsa; serta ketiga, mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Untuk melaksanakan makna dari Harkitnas, berikut adalah hal-hal yang dapat kita lakukan:

  1. Membangkitkan semangat untuk menggapai masa depan,  Masa depan kita semua ditentukan oleh kita sendiri, artinya kita semua harus berjuang mencapai masa depan yang lebih baik lagi dengan kerja keras,  masa depan masyarakat  yang baik akan menentukan masa depan Bangsa Indonesia menuju Bangsa  Indonesia  Adil,  Makmur dan Sejahtera dan Mewujudkan Indonesia EMAS Tahun 2045
  2. Membangkitkan semangat dalam budaya toleransi Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak suku bangsa, agama, dan budaya yang menjadikan Indonesia kaya akan keragaman. Keragaman yang dimiliki oleh Indonesia hendaknya menjadi penguat bangsa Indonesia bukan malah sebaliknya.
  3. Membangkitkan semangat dalam beretika di sosial media, Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoaks, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa dan diisi dengan hal bermanfaat untuk kemajuan bangsa dan negara.
  4. Membangkitkan semangat dalam berkarya. Indonesia tidak pernah kekurangan orang hebat, hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya warga Indonesia yang memiliki prestasi di kancah Internasional dalam berbagai bidang.
  5. Membangkitkan semangat membaca dan literasi Menurut UNESCO. Indonesia berada di peringkat kedua dari bawah mengenai literasi dunia. Artinya minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah.  Selain hanya membaca, pemahaman literasi Indonesia juga masih sangat rendah. Pemahaman literasi yang dimaksud adalah memahami konteks suatu bacaan secara keseluruhan.


Hari Kebangkitan Nasional ini mengingatkan kepada semua tentang semangat untuk bergerak sebagai bangsa, dengan tanpa memandang perbedaan suku, agama, ras, dan golongan.

 

Saya mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Paser,   dengan semangat  Hari Kebangkitan Nasional, mari kita capai  Mimpi kita dengan  tancap gas  untuk mewujudkan Paser MAS (Maju, Adil dan Sejahtera)  dengan pembangunan disegala Bidang. Sehinga akan   memacu ekonomi dan kemajuan peradaban sebagai simbol kebangkitan bangsa dimasa sekarang dan dimasa yang akan Datang, Menuju Indonesia EMAS. (Olomanin Aso Buen Siolo Endo).

 

Penulis: Kasrani Latief, Sekretaris DPMD Kabupaten Paser

Related Posts

Comments (0)

There are no comments yet

Leave a Comment